Wednesday 17 September 2014

Wednesday, September 17, 2014
Perkemahan Nasional Pramuka Penegak dan Pandega Berkebutuhan Khusus dalam rangka pendidikan karakter bangsa melalui kepramukaan Tahun 2014, dengan tema “Melalui Kemah Nasional Kita Siapkan Pramuka Penegak dan Pandega Berkebutuhan Khusus yang Berkarakter, Kreatif, Peduli dan Mandiri” yang telah dilaksanakan dari tanggal 9-13 September 2014 di Inna Grand Bali Beach Hotel Sanur, Denpasar ditutup secara resmi oleh Kak Budi Priyadi, Direktur Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan Menengah (Direktorat PK-LK), Kemendikbud RI pada hari Jumat (12/9) di lapangan utama, Inna Grand Bali Beach Hotel Sanur.
Kemah ini dihadiri 297 peserta yang berasal dari 33 provinsi (6 peserta didik dan 3 Pindamping). Selama kemah peserta mendapatkan berbagai materi dan kegiatan, antara lain permainan kebangsaan, permainan kepedulian (HIV/AIDS, Narkoba, Kespro), kewirausahaan/life skill, upacara bendera, Kesiapsiagaan dan simulasi bencana gempa bumi, tsunami, banjir, dan tanah longsor, mendirikan dan bongkar tenda, api unggun, wisata edukatif, ibadah, senam pagi.
Hadir dalam acara penutupan Kemnas ABK 2014 antara lain Kak Suriyadi, Waka Kwarnas Bidang Binamuda, Kwarda Gerakan Pramuka Bali, Dinas Pendidikan Provinsi Bali, serta para instruktur dan fasilitator.
Dalam sambutannya Kak Suriyadi menyampaikan bahwa Sejatinya kegiatan seperti ini di kwarnas dilaksanakan 5 (lima) tahun sekali, tapi dengan penyelenggaran dan kerjasama sebagai tidanklanjut MoU yang telah kita lakukan bersama kementerian pendidikan dan Kebudayaan RI beberapa waktu yang lalu dan ditindaklanjuti oleh beberapa Dirjen dan para direktur maka terselenggara kegiatan ini.
“Semogalah kegiatan kita telah laksanakan ini dapat bermanfaat tentunya untuk adik-adik kita untuk anak-anak bangsa kita dan apa yang kita lakukan tidak lain dan tidak bukan adalah sebagai wujud tanggung jawab dan sebagai bagian daripada kepedulian kita demi masa depan anak-anak bangsa ini.” Kata Kak Suriyadi
Sambutan penutupan oleh Kak Budi, Direktur PK-LK Dikmen-Kemendikbud RI menyampaikan bahwa Kegiatan perkemahan tahun ini mengalami kemajuan yang signifikan dibandingkan dari kegiatan tahun sebelumnya. Hal ini tidak terlepas dari kiprah dan perhatian tinggi dari semua komponen.
 “Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada kakak ketua Kwarnas Gerakan Pramuka dan jajarannya dan kakak-kakak instruktur yang terlibat langsung dengan kegiatan perkemahan ini  dan saya juga mengucapkan terima kasih kepada ketua Kwarda Gerakan Pramuka Prov. Bali dan seluruh jajajrannya, kepala dinas pendidikan prov. Bali yang telah bersedia  menjadi tuan rumah dan membantu kegiatan ini. Juga kepada panitia yang telah bekerja sejak persiapan dan acara ini selesai.” Kata Kak Budi  
“Tularkan lah ilmu dan pengalamannya yang diperoleh selama perkemahan ini kepada adik-adik yang lainnya di daerah dan gudep masing-masing.” Pungkasnya (Hd)
[Humas Kwarnas]

0 comments:

Post a Comment